Home » » Pengertian Gaya Hidup Menurut Kamus

Pengertian Gaya Hidup Menurut Kamus

KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah rujukan yang sangat pentng dalam bidang bahasa. KBBI juga menjadi salah satu sarana terpenting dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Bisa dibilang bahwa KBBI adalah kamus ekabahasa resmi Bahasa Indonesia. KBBI disusun oleh Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. Selama ini KBBI menjadi acuan baku dan merupakan kamus terlengkap dan terakurat. Edisi KBBI pertama diterbitkan pada tahun 1988 dan terus mengalami pengembangan sesuai dengan perkembangan Bahasa Indonesia.
Pengertian "gaya hidup" menurut KBBI adalah: pola tingkah laku sehari-hari segolongan manusia di dalam masyarakat. Gaya hidup menunjukkan bagaimana orang mengatur kehidupan pribadinya, kehidupan masyarakat, perilaku di depan umum, dan upaya membedakan statusnya dari orang lain melalui lambang-lambang sosial. Gaya hidup atau life style dapat diartikan juga sebagai segala sesuatu yang memiliki karakteristik, kekhususan, dan tata cara dalam kehidupan suatu masyarakat tertentu.
Gaya hidup dalam hal ini dapat dipahami sebagai  sebuah karakteristik seseorang secara kasatmata, yang menandai sistem nilai, serta sekap terhadap diri sendiri dan lingkungannya. Menurut Piliang (1998: 208), Gaya hidup merupakan kombinasi dan totalitas cara, tata, kebiasaan, pilihan, serta objek-objek yang mendukungnya, dalam pelaksanaannya dilandasi oleh sistem nilai atau sistem kepercayaan tertentu.
Kita bisa menilai seseorang dengan cara melihat gaya hidup orang tersebut. Itulah mengapa bagian departemen marketing sebuah produk selalu melakukan pengamatan terhadap gaya hidup seseorang yang menjadi target pasarnya untuk bisa mendapatkan hasil penjualan yang maksimal. Karena memang melalui gaya hidup lah seseorang bisa dengan tanpa sadar memperlihatkan kepada khalayak siapa diri mereka sebenarnya. 

1 komentar:

  1. kita juga punya nih artikel mengenai 'Gaya Hidup', silahkan

    dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3608/1/JURNAL.pdf
    trimakasih
    semoga bermanfaat

    ReplyDelete

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS