Home » » Mengenal Tipe Kepribadian Manusia Secara Umum

Mengenal Tipe Kepribadian Manusia Secara Umum

Para filusuf serta para pemikir telah sepakat bahwa manusia dikatakan makhluk sosial, artinya makhluk yang tidak mungkin dapat hidup dalam kesendirian, dia akan selalu bergaul berinteraksi dengan sahabatnya. Seorang manusia akan mencari teman dekat yang akan dijadikan sahabatnya sesuai dengan Tipe Kepribadiannya, sesuai dengan hati dan nuraninya mana yang pantas ia akan pilih sebagai teman dan sahabatnya itu.
Tetapi kerap sekali terjadi, karena salah pergaulan seseorang menjadi tipe dan pribadi yang berbeda dari karakter dirinya tersebut, dia bahkan menjadi orang lain yang tidak mengenal dirinya sendiri. Hidupnya menjadi tidak berprinsip yang akhirnya terjerumus pada jurang kehancuran.
Penting sekali dalam hidup ini belajar mengenal diri sendiri dan mengetahui Tipe Kepribadian manusia. Sebab dengan itu kita akan dapat mengetahui apa yang menjadi kelamahan dan kelebihannya, potensi yang dimilikinya juga tidak akan hampa akan jiwa sosial sebagai manusia.

Secara umum Tipe Kepribadian manusia dibagi menjadi empat, yaitu : Sanguinis, Melankolis, Koleris, dan Phlegmatis. Berikut ringkasan uraiannya:

1. Tipe Sanguinis
Tipe kepribadian ini dikatakan pula “Populer” dan Pembicara”. Adalah tipe yang sangat bersemangat dalam hidup, terlihat selalu tampak ceria, pergaulannya yang hangat dan sangat menikmati kehidupannya (walau dalam kondisi apapun).
Ciri lainnya dari tipe sanguinis ini, ketika harus mengambil satu keputusan cenderung lebih mendasarkan perasaan daripada pemikiranya, serta selalu mencari kesenangan, tidak suka membiarkan hatinya terlarut dalam kesedihan.

Gaya tersendiri dalam bicaranya bersuara keras, dan ramah membuatnya tampak percaya diri lebih daripada yang sebenarnya, sangat pandai menularkan perasaan semangat kepada orang lain.

Tipikal orang Sanguinis merupakan pribadi yang menyenangkan jadi tidak salah jika banyak orang yang menyukainya (walau kadang ada yang tidak suka karena cerewet nya). Dia ingin merasa dirinya dikenal banyak orang, ide-idenya gila tetapi kreatif dan inovatif seperti ide-ide orang sukses, ingin dirinya menjadi trend setter agar orang lain mengikuti jejaknya.

Kenali kesulitannya dalam menyeleseikan tugas. Sadarilah bahwa mereka berbicara tanpa berpikir lebih dahulu dan terkadang menyinggung persaaan orang lain, tetapi sebenarnya dia hanya bercanda dengan ucapannya. Sadari bahwa mereka menyukai variasi dan fleksibilitas. Bantu mereka agar tidak menerima lebih dari yang mereka bisa lakukan. Pujilah mereka untuk segala sesuatu yang mereka capai. Ingatlah bahwa mereka mudah emosi. Berilah hadiah untuk event-event tertentu, misalnya sedang berulang tahun atau mendapatkan prestasi

2. Melankolis
Tipe kepribadian ini dikatakan pula “Pemikir” dan “Sempurna”. Adalah tipe manusia yang dalam pergaulannya itu bersifat tempramen, memiliki rasa seni yang tinggi, akurasi pikirannya lebih akurat, terkadang sangat sensitif, bakatnya menonjol, dan dia rela berkorban demi apapun yang dibelanya.

Kepribadiannya perfeksionis, suka menyalahkan dirinya sendiri yang terkadang menjadi rendah diri. Manusia yang mempunyai tipe kepribadian ini lebih mengedepankan perasaan ketimbang yang lainnya. Ia adalah orang yang introvert tapi apabila ia sedang berada dalam puncak suka citanya, ia bisa saja menjadi lebih extrovert. Akurasi analitisnya terkadang mampu memperhitungkan bahaya, halangan, atau bahkan kerugian yang mungkin dapat menimpa dalam setiap proyek. Tetapi karena tipe orang ini perasaannya sangat peka dan sensitif dapat membuat mereka menjadi pendendam dan sering terlihat murung. Orang melankolis cenderung memilih pekerjaan yang membutuhkan pengorbanan dan ketekunan, sekali ia memilih sesuatu maka ia akan tetap setia mengerjakanya.

Tipe Melankolis ini dikatakan pribadi yang cerdas karena dia selalu memikirkan langkah apa yang akan dambil dalam problem solving / memecahkan masalah, walau terkadang terlalu lama dalam mengambil keputusan karena dia selalu memikirkannya matang-matang agar dia mendapatkan segala sesuatunya itu sempurna. Melankolis ini seorang teman yang setia, tidak suka menghianati teman. Dan juga dia ini ibarat orang yang suka bekerja di balik layar, tidak terlalu ingin dirinya menjadi pusat perhatian.
Ketahuilah bahwa mereka sangat sensitif perasaannya dan mudah sakit hati. Motivasi mereka saat mereka kurang optimis. Mereka perlu bantuan agar tidak mudah tertekan. Pujilah dengan tulus dan penuh kasih sayang. Beri kesempatan mereka jika memang sedang ingin sendiri saja. Berusahalah untuk selalu menepati janji sesuai jadwal dengannya, sebab tipe orang Melankolis selalu ingin tepat waktu.

3. Koleris
Tipe kepribadian ini dikatakan pula “Kuat” dan “Pelaku”. Adalah tipe manusia yang sangat ambisius, mempunyai kemampuan kuat dalam menggapai sesuatu yang diinginkannya. Cirinya terlihat berapi-api, aktif, praktis, cekatan, mandiri, dan independen.
Gayanya bersikap tegas dan berpendirian keras dalam mengambil keputusan bagi dirinya sendiri dan orang lain. Tidak terpengaruh oleh lingkungan, terkadang justru ia mempengaruhi lingkunganya. Ide-idenya, rancangan, sasaran, dan ambisinya tidak pernah berakhir. Pantang menyerah terhadap tekanan.
Kelemahan dari seorang koleris adalah emosinya, dia mempunyai tempramen yang meledak-ledak, Ia tidak mudah bersimpati kepada orang lain. Ia bukan orang yang dengan mudah mengekpresikan perasaanya kepada orang lain. Ia cenderung tidak peka terhadap kebutuhan orang lain. Ia cenderung bersifat dominan dan memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat.

Tipikal Koleris adalah tipe orang yang berjiwa pemimpin, menyadari kesalahannya dan kemudian memperbaiki kesalahannya, punya kemauan kuat untuk meraih sesuatu yang diinginkan, biasanya aktif dalam suatu kegiatan, orang sibuk, menargetkan apa yang akan dicapai.
Akui bahwa mereka memang berbakat memimpin. Bersikeraslah melakukan komunikasi dua arah. Sadari bahwa mereka tidak bermaksud menyakiti. Sadari bahwa mereka tidak berbelas kasihan. Berusahalah membagi tanggung jawab. Mereka biasanya selalu benar.


4. Phlegmatis
Tipe kepribadian ini dikatakan pula “Damai” dan “Pengamat”. Adalah tipe manusia yang memiliki sifat alamiah pendamai, tidak suka kekerasan. Merupakan orang yang mudah diajak bergaul, ramah, dan menyenangkan. Ia adalah tipe orang yang bisa membuat sekelompok orang tertawa terbahak-bahak oleh humor-humor keringnya meski ia sendiri tidak tertawa. Merupakan pribadi yang konsisten, tenang, dan jarang sekali terpengaruh dengan lingkunganya, tidak pernah terlihat gelisah. Di balik pribadinya yang dingin dan malu-malu, sesungguhnya ia memiliki kemampuan untuk dapat lebih merasakn emosi yang terkandung pada seuatu. Karena sifatnya yang menyukai kedamaian dan tidak menyukai pertikaian, ia cenderung menarik diri dari segala macam keterlibatan. Hal inilah yang sering kali menghambatnya untuk menunjukkan kemampuanya secara total dan menjadi cenderung pasif dan pemalas.

Tipe orang Phlegmatis merupakan pribadi yang sabar dan senang dalam menghadapi masalah, emosinya tidak meluap-luap ketika dia bahagia atau sedih, pendiam, mampu bekerja dalam tekanan, tidak suka pertengkaran, hati-hati dalam berucap kepada orang lain, menyenangkan.
Sadarilah bahwa mereka memerlukan motivasi langsung. Bantulah mereka menetapkan tujuan
jangan mengharapkan antusiasme. Sadari bahwa mereka menunda-nunda pekerjaan karena itu bentuk kontrol mereka. Paksalah mereka untuk membuat keputusan. Motivasilah mereka untuk menerima tanggung jawab.

Demikian artikel sederhana Mengenal Tipe Kepribadian Manusia secara umum, semoga bermanfaat dan menjadi referensi ilmu buat pengalaman kehidupan kita. Dan jangan lupa baca juga 10 kpribadian yang baik.
Info bursa otomotif bisa dibaca di produk motor terbaru Bajaj pulsar 2014 keren dan unggul di kelasnya, serta berbagai harga suku cadang motor yang mungkin anda cari.

0 komentar:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS